LKD - Lumbung Karya [nama] Desa Anda, bisa dibangun disetiap desa wilayah nusantara via koordinator Lumbung Karya Desa Anda yang telah mengikuti briefing oleh team program LKD dari kantor pusat.

LKD - Lumbung Karya Desa menyediakan platform digital guna mendukung program digitalisasi ekonomi sesuai nilai-nilai luhur kearifan lokal desa.  Berikut beberapa platform digital supportnya :

Toko digital Desa

Ada berbagai jenis unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dapat dikembangkan untuk mendukung produksi dan penjualan produk kearifan lokal desa. Pilihan unit usaha ini dapat bervariasi tergantung pada potensi lokal dan kebutuhan pasar. Berikut adalah beberapa contoh unit usaha/UMKM yang dapat diambil sebagai inspirasi:

  1. Toko Online Kearifan Lokal:
    • Mendirikan toko online yang memasarkan produk-produk kearifan lokal desa, termasuk produk tradisional, kerajinan tangan, dan hasil pertanian.
  2. Warung Kopi atau Kafe Desa:
    • Membuka warung kopi atau kafe yang menyajikan kopi lokal, makanan ringan tradisional, atau hidangan khas daerah.
  3. Pusat Kerajinan Tangan:
    • Menyediakan tempat produksi dan pameran untuk kerajinan tangan lokal, seperti anyaman, tenun, keramik, dan patung.
  4. Agrowisata:
    • Mengembangkan unit agrowisata yang mengajak pengunjung untuk mengenal lebih dekat kearifan lokal desa, melibatkan mereka dalam proses pertanian, dan menjual hasil pertanian langsung.
  5. Pusat Pangan Lokal:
    • Menyediakan pusat pangan lokal yang menjual produk-produk hasil pertanian, makanan tradisional, dan produk olahan lokal.
  6. Produksi Produk Herbal:
    • Mengembangkan unit produksi produk herbal atau obat tradisional dari tanaman obat lokal.
  7. Pelatihan dan Kursus Tradisional:
    • Menawarkan pelatihan dan kursus tentang keahlian tradisional, seperti pembuatan batik, anyaman, atau kerajinan tangan lainnya.
  8. Galeri Seni Lokal:
    • Membuka galeri seni untuk memamerkan dan menjual karya seni lokal, termasuk lukisan, patung, dan karya seni lainnya.
  9. Pusat Kuliner Tradisional:
    • Menyediakan pusat kuliner yang memasarkan makanan khas daerah atau tradisional dan memberikan pengalaman kuliner lokal kepada pengunjung.
  10. Unit Pengolahan Hasil Pertanian:
    • Membangun unit pengolahan hasil pertanian, seperti pengolahan buah-buahan, sayuran, atau hasil pertanian lainnya menjadi produk olahan.
  11. Jasa Pemandu Wisata Lokal:
    • Menyediakan jasa pemandu wisata lokal yang dapat mengantar wisatawan untuk mengenal lebih dekat kehidupan desa dan kearifan lokal.
  12. Pusat Edukasi Lingkungan:
    • Mendirikan pusat edukasi lingkungan yang mengajarkan tentang praktik-praktik berkelanjutan dan menjual produk-produk ramah lingkungan.
  13. Pusat Kesehatan Tradisional:
    • Menyediakan layanan kesehatan tradisional, seperti pijat tradisional, terapi herbal, atau praktik kesehatan alternatif lainnya.
  14. Unit Produksi Energi Terbarukan:
    • Mengembangkan unit produksi energi terbarukan, seperti panel surya kecil atau pembangkit listrik tenaga air mikro untuk mendukung keberlanjutan dan efisiensi energi di desa.
  15. Lembaga Pelatihan Digital:
    • Menyediakan pelatihan digital untuk membantu masyarakat desa mengembangkan keterampilan teknologi dan membuka peluang bisnis online.
  16. Dan masih banyak ide UMKM lain nya...

Penting untuk mempertimbangkan potensi lokal, kebutuhan pasar, serta keahlian dan minat masyarakat desa dalam memilih jenis unit usaha yang akan dikembangkan. Kolaborasi dengan pemerintah, lembaga non-profit, atau pihak swasta juga dapat membantu dalam membangun infrastruktur dan mendukung pengembangan UMKM di desa.

untuk mengawalinya LKD siap bantu, silahkan kontak kami.

Pasar digital Desa

Pasar digital desa atau marketplace memiliki beberapa fungsi terpenting yang sangat penting bagi Lumbung Karya Desa. Beberapa fungsi tersebut melibatkan aspek ekonomi, sosial, dan pembangunan komunitas. Berikut adalah beberapa fungsi terpenting dari pasar digital desa:

  1. Pemasaran dan Promosi Produk Kearifan Lokal:
    • Memberikan platform untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk kearifan lokal desa secara online, membantu produk tersebut lebih mudah ditemukan oleh konsumen.
  2. Pengembangan Ekonomi Desa:
    • Mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan dengan meningkatkan penjualan produk-produk potensi desa, sehingga mendukung keberlanjutan ekonomi komunitas.
  3. Akses ke Pasar yang Lebih Luas:
    • Memberikan akses pasar yang lebih luas, baik di tingkat regional, nasional, atau bahkan internasional, sehingga membuka peluang bisnis bagi Lumbung Karya Desa.  dan support bagi pasar tradisional.
  4. Pemberdayaan Produsen Lokal:
    • Memberdayakan produsen lokal dan pelaku usaha kecil dengan memberikan platform untuk berpartisipasi dalam ekosistem ekonomi digital.
  5. Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan:
    • Memberikan peluang bagi produsen dan pedagang lokal untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui peningkatan volume penjualan dan eksposur yang lebih besar.
  6. Pembentukan Identitas dan Branding Desa:
    • Membantu dalam pembentukan identitas dan branding positif untuk desa dengan mempromosikan kearifan lokalnya dan produk khas daerah tersebut.
  7. Pembangunan Infrastruktur Ekonomi Digital:
    • Mendorong pembangunan infrastruktur ekonomi digital di desa, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi melalui teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Dukungan terhadap Keberlanjutan Lingkungan:
    • Memfasilitasi penjualan produk-produk ramah lingkungan atau berbasis kearifan lokal yang mendukung keberlanjutan lingkungan - keselarasan dengan alam.
  9. Pemberdayaan Perempuan dan Komunitas Marginal:
    • Memberdayakan perempuan dan anggota komunitas marginal dengan memberikan akses yang lebih mudah ke pasar dan peluang ekonomi dengan layanan kemudahan tanpa harus paham hal-hal tehnisnya.
  10. Meningkatkan Kesadaran Konsumen:
    • Membangun kesadaran konsumen terhadap kearifan lokal dan produk-produk unik yang dihasilkan di desa, meningkatkan apresiasi terhadap warisan budaya dan nilai-nilai luhur nya.
  11. Pembangunan Jaringan dan Kemitraan:
    • Mendorong pembentukan jaringan dan kemitraan antara Lumbung Karya Desa dengan pihak-pihak terkait, seperti mitra bisnis, pemerintah, dan organisasi non-profit.

Melalui implementasi pasar digital desa yang efektif, Lumbung Karya Desa dapat memanfaatkan potensi ini untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, menjaga kearifan lokal, dan memperkuat daya saing produk-produk desa di pasar yang lebih luas.

Fasilitas ini warga desa, komunitas atau siapapun bisa memanfaatkan sesuai fungsinya.

Portal Berita Desa

Sebuah Portal Berita Desa dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung program bisnis seperti Lumbung Karya Desa dan toko digital desa. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh Portal Berita Desa sebagai dukungan untuk program tersebut:

  1. Informasi tentang Lumbung Karya Desa dan Toko Digital:
    • tersedia informasi lengkap tentang apa itu Lumbung Karya Desa dan toko digital desa. Penjelasam manfaatnya bagi masyarakat desa, pelaku usaha lokal, dan konsumen.
  2. Promosi Program:
    • Portal berita desa untuk mempromosikan program Lumbung Karya Desa dan toko digital serta berbagai program di desa. di info kan keuntungan dan insentif bagi pelaku usaha dan konsumen yang terlibat dalam program tersebut.
  3. Cerita Sukses:
    • Dbagikan cerita sukses dari pelaku usaha dan konsumen yang telah berhasil menggunakan Lumbung Karya Desa dan toko digital desa atau cerita sukses lain nya. Ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk bergabung.
  4. Panduan Penggunaan:
    • Tersedia panduan penggunaan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara mendaftar, menggunakan, dan memanfaatkan Lumbung Karya Desa dan toko digital desa serta program pendukung lainnya.
  5. Pelatihan dan Workshop:
    • Tersedia pelatihan dan workshop melalui portal berita desa untuk membantu pelaku usaha lokal memahami dan memaksimalkan potensi dari program tersebut.
  6. Kolaborasi dengan Pihak Terkait:
    • Kolaborasi dengan pemerintah setempat, organisasi non-profit, atau pihak terkait lainnya untuk meningkatkan dukungan dan pemahaman masyarakat terhadap program Lumbung Karya Desa dan toko digital desa.
  7. Update Perkembangan Program:
    • Rutin memberikan update tentang perkembangan program, peningkatan fitur, dan berita terkait melalui portal berita desa agar masyarakat selalu mendapatkan informasi terkini.
  8. Forum Diskusi dan Komunitas:
    • Sediakan forum diskusi atau komunitas online di portal berita desa untuk memfasilitasi interaksi antara pelaku usaha, konsumen, dan pihak terkait. Ini dapat menjadi tempat untuk bertukar pengalaman, ide, dan dukungan.
  9. Monitoring dan Umpan Balik:
    • Pantau secara aktif umpan balik dari pengguna, baik itu pelaku usaha maupun konsumen. Gunakan umpan balik tersebut untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan program.
  10. Dukungan Pelanggan:
    • Sediakan saluran dukungan pelanggan melalui portal berita desa untuk membantu pengguna yang mengalami masalah atau memiliki pertanyaan terkait program.

Dengan langkah-langkah tersebut, Portal Berita Desa dapat menjadi alat yang kuat untuk memperkuat program bisnis seperti Lumbung Karya Desa, toko digital desa dan program lain nya, serta meningkatkan partisipasi dan dukungan dari masyarakat desa.